TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA / TPQ)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di website kami, semoga website ini dapat berguna bagi kami khususnya yang berkecimpung dalam pendidikan Al-Qur’an untuk anak-anak, atau banyak yang menyebutnya dengan sebutan TPA atau TPQ. Adapun maksud dari dibuatnya website ini adalah tidak lain untuk berbagi. Karena menurut kami masih banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang belum menangani pendidikan Al-Qur’an khususnya untuk kalangan anak-anak usia 5 – 12 tahun. Umur yang sangat potensial untuk menanamkan rasa ingin kenal, rasa ingin tahu, rasa ingin bisa membaca yang akhirnya dapat menumbuhkan rasa cinta dan keyakinan pada Al-Qur’an bahwa Al-Qur’an memang benar-benar wahyu dari Tuhan yang diturunkan kepada nabi-Nya yang dapat digunakan sebagai pegangan hidup.Intinya kami ingin berbagi semangat dan tanggung jawab terhadap generasi yang akan datang agar kenal lalu cinta dan tidak meninggalkan Al-Qur’an. Menjadikan Al-Qur’an sebagai satu-satunya pegangan hidup dan petunjuk untuk menggapai kehidupan yang baik di dunia maupun di akherat. Semoga ridho Allah SWT selalu menyertai kita semua. Amiin.

Setiap kegiatan belajar mengajar tentu mempunyai tujuan atau target agar setiap anak didiknya dapat menerima dan memahami apa yang telah diajarkan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Di TPQ MNU 01 Penanggulan Pegandon, seperti TPQ yang lain yang ada di wilayah Kabupaten Kendal dalam kegiatan belajar mengajarnya memakai panduan Kitab Al-Ma’arif.

Cara menyampaikan materi ajar “membaca” Al-Qur’an metode Al-Ma’arif menerapkan beberapa cara, diantaranya adalah :

  1. Sejak awal anak diajak langsung membaca huruf-huruf hijaiyah yang berharokat dengan bacaan yang lancar tanpa mengeja.

  2. Langsung mempraktekkan bacaan-bacaan dengan bertajwid. Dan santri tidak perlu belajar ilmu tajwid lebih dulu, tetapi harus membaca sesuai dengan tajwid.

  3. Matari pelajaran diberikan secara bertahap, dari yang mudah menuju yang sulit, dari yang umum kepada yang khusus, sesuai dengan kaidah.

  4. Belajar dengan sistem modul, tidak diperbolehkan belajar modul berikutnya kalau belum menguasai modul sebelumnya.

  5. Pelajaran yang diberikan selalu berulang-ulang dengan memperbanyak latihan (drill) menjadikan santri selalu ingat dan menguasai pelajaran yang diberikan dengan pola sederhana.

  6. Belajar sesuai dengan kemampuan dan kecerdasan santri.

  7. Evaluasi dilakukan setiap kali pertemuan.

Adapun untuk menciptakan standardisasi pola dan tata kerjanya, TPQ-TPQ  yang ada di wilayah Kabupaten Kendal berada dalam naungan sebuah organisasi yang bernama FUSPAQ (Forum Ukhuwah Silaturrohim Pendidikan Al-Qur’an), begitu juga TPQ Muslimat NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA / TPQ)

  1. wahyu as bedhe says:

    Anak adalah amanah dari Allah swt. Tidak semua orang mendapatkan anugerah ini, kecuali hanya orang-orang yang dikehendaki-Nya. Amanah ini harus dipelihara secara baik dan terus menerus dengan memberinya pendidikan yang baik dan benar. Seorang pendidik harus belajar bagaimana memberikan hak dan kewajibannya dengan baik. Ia harus mengetahui perkembangan-perkembangan baru tentang metode dan media pendidikan yang baik untuk menunaikan tugasnya, sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s