Maut Mengintai Kita di Jalan Raya

Setiap hari kita hampir tidak bisa lepas dengan sepeda motor. Ada saja aktifitas kita yang tidak bisa kita hindari untuk tidak melewati jalan raya, dan biasanya kita menggunakan sepeda motor karena menginginkan efisiensi waktu. Dalam situasi kita berkendara terkadang kita mengabaikan keselamatan kita sendiri dan bahkan keselamatan orang lain. Di bawah ini ada data semoga dapat mempengaruhi kita semua dalam berkendara di jalan raya.

Jakarta, Kompas.com. Sebanyak 4.482 sepeda motor mengalami kecelakaan selama arus mudik dan arus balik lebaran 2011, mulai H-8 sampai dengan H+7 di seluruh Indonesia. Jumlah itu 71,3 % dari total kecelakaan yang terjadi selama periode tersebut. Berdasarkan data dari Mabes Polri, total kecelakaan lalu lintas pada lebaran 2011 berjumlah 6.280 insiden. Kecelakaan sepeda motor sebanyak 4.482 insiden atau naik 46 % (sungguh mengerikan) dibandingkan dengan 2010 sebanyak 3.080 insiden.

Menurut beberapa peneliti : Sebagian besar kecelakaan sepeda motor tersebut bukan karena faktor teknis, namun karena pengendara lepas kendali. Kebiasaan mengebut karena ingin segera tiba di tempat tujuan. Hilangnya toleransi dan tidak adanya respek terhadap pengguna jalan yang lain.

Semuanya kembali pada kita. Mau mati sia-sia di jalan raya atau kumpul lagi bersama keluarga.

Mari bersama-sama kita ciptakan jalan raya aman. Kita tertib, Respek terhadap pengguna jalan yang lain dan Hilangkan sikap terburu-buru.

This entry was posted in Berlalu-lintas, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s