One Stop Studying, Mungkinkah ?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar keluhan beberapa rekan pengajar di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) / TPA, beberapa murid dari jilid V, jilid VI, kelas Al-Qur’an, kelas Tahassus bahkan juga MDA yang seringkali tidak berangkat atau tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari-hari tertentu dikarenakan pada hari-hari tersebut para murid mempunyai jadwal tersendiri di luar seperti les dan belajar privat berkelompok (mendatangkan tutor untuk memberikan bimbingan pelajaran kepada beberapa anak). Ya !! Itulah realitas yang terjadi saat ini. Dalam masyarakat kita telah terjadi ketakutan terhadap ketidakmampuan anak dalam menyerap pelajaran umum di kelas-kelas formal, tetapi itu tidak terjadi untuk pelajaran membaca Al-Qur’an dan pelajaran-pelajaran agama lainnya, padahal itu tidak kalah pentingnya bahkan sangat penting. Itulah kesan yang sering kita dengar atas fenomena ini.

Hal ini sebenarnya sudah menjadi keprihatinan tersendiri bagi para ulama atas fenomena ini. Yang memprihatinkan adalah ketika terjadi anak tersebut dicabut dari TPQ atau MDA agar lebih fokus pada les atau kursus di luar, sedangkan anak tersebut belum lancar dalam membaca Al-Qur’an dan masih minim sekali pengetahuan agamanya. Kalau masalah pendidikan agama sampai dinomorduakan apa yang akan terjadi pada generasi kita yang akan datang ?

TPQ / TPA dan MDA seharusnya dapat mencari solusi untuk mengantisipasi fenomena ini. Syukur-syukur dapat menjadikan dirinya menjadi sebuah pilihan bagi para orang tua untuk memberikan anaknya bimbel pelajaran-pelajaran tertentu dengan biaya yang lebih terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu. Tentunya hal ini masih perlu pengkajian yang lebih mendalam lagi dan tidak mudah begitu saja untuk dilaksanakan. Setidaknya hal ini dapat dijadikan sebuah pemikiran untuk menjadikan TPQ atau MDA menjadi One Stop Shopping –eh- Studying (kata orang sono). Tapi mungkinkah itu?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s